Desa Peradaban, Program untuk Mewujudkan Desa Mandiri


Berdasarkan Surat Keputusan Gubenur Jawa Barat Nomor 978/Kep.290-BPMPD/2010 tentang Bantuan Keuangan Dalam Rangka Program Desa Mandiri Dalam Perwujudan Desa Peradaban dan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 147/Kep.290-BPMPD/2010 tentang Lokasi Program Desa Membangun.

Dengan di putusnya pemerintahan Desa Cibatok menjadi Desa Peradaban menuju Desa Mandiri maka mejadi tolak ukur dalam membangun desa yang mandiri.

Desa Cibatok membangunan sarana fisik dan non fisik yang dibangun dari Program Desa Peradaban menuju Desa Mandiri yaitu sarana Kesehatan Pondok Bersalin Desa (Polindes) sarana pendidikan, infrastruktur jalan jembatan serta program perekonomian masyarakat. Perternakan kambing dan pertanian Pepaya.

Kepala Desa Cibatok Satu, Acep Sukendar menjelaskan, “Dalam melaksanakan pembangunan di wilayahnya itu dilakukan secara keseluruhan, baik fisik mau pun non fisik. Saya menjadi kepala desa tidak lain hanya untuk membangunan desa menjadi desa yang mandiri,” ujarnya.

Pembangunan Desa dalam Program Desa Peradaban untuk dipergunakan masyarakat meliputi sarana dan fasilitas Bumdes Bina Sejahtera yang sudah berjalan baik bisa digunakan oleh masyarakat, sarana yang dibanggun di Desa Cibatok Satu, sudah memiliki sarana kesehatan Polindes.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s