Yusniana Ingin Kader PKK Berprestasi di Jambore Nasional


Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana Hasan Basri berharap kader PKK Jambi menorehkan prestasi dalam Jambore Kader PKK Nasional 2011. Keinginan itu disampaiak pada pembukaan Jambore Kader PKK Nasional 2011, di Hotel Mercure, Jakarta, Senin (24/10).

Jambore PKK Nasional mengusung tema “Dengan Jambore PKK Kita Pererat Hubungan Kekeluargaan Antar Kader dalam Mengemban Tugas Secara Profesional, Proporsional dan Eksis”. Jambore dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selaku Ketua Dewan Penyantun PKK Pusat, Gamawan Fauzi.

Yusniana HBA menyatakan bahwa dalam mengikuti jambore ini PKK Provinsi Jambi pasti punya target dan telah melakukan usaha dan upaya  untuk target tersebut. “Kita berharap untuk jambore PKK tahun 2011 ini, kalau bisa juara umum, dimana pada cabang-cabang lomba kita berbagi tugas dengan para wakil ketua dan para koordinator serta ibu-ibu yang lain. Jadi diharapkan betul, kalau bisa kita mendapatkan juara umum” sebut Yusniana HBA.

Dikatakan oleh Yusniana HBA, salah satu produk yang dilombakan dan dipamerkan dari Jambi adalah Batik Jambi, dimana Batik Jambi ini merupakan produk unggulan dari Jambi, yang mempunyai motif dan kekhasan tersendiri.

Yusniana HBA kemudian mengemukakan agar kader PKK sebagai mitra pemerintah yang langsung turun ke masyarakat lebih pro aktif lagi dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya.

Selain itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini juga mengharapkan supaya Jambore Kader PKK Tingkat Nasional ini bisa digilir pelaksanaannya di tiap-tiap daerah. “Kita berharap jambore PKK bisa diselenggarakan di daerah-daerah Provinsi se Indonesia,” pungkas Yusniana HBA.

Dalam sambutan dan arahannya, Mendagri RI yang juga sebagai Ketua Dewan Penyantun PKK Pusat, Gamawan Fauzi menyatakan ada tiga hal yang dituntut dan diharapkan dari kader PKK dari jambore ini, sesuai dengan tem yang ditetapkan, yaitu 1.Profesionalisme, 2.Proporsionalisme, dan 3.Eksistensi.

Selain harapan akan ketiga hal tersebut, Gamawan Fauzi juga mengharapkan agar kader PKK di seluruh desa dan kelurahan se Indonesia ikut serta mensosialisasikan program pemerintah.

Gamawan Fauzi membeberkan, dalam penanggulangan permasalahan tabung gas 3 Kg, dirinya mengusulkan kepada pihak terkait dalam penanggulangan tersebut supaya memberdayakan kader PKK dalam penanggulangan permasalahan dimaksud, karena kader PKK merupakan mitra pemerintah yang “turun” langsung ke masyarakat dan ada di seluruh desa/kelurahan, dan kecamatan seluruh Indonesia.

Maka dari itu, PKK harus menjadi mitra yang kuat dari pemerintah. Jika Dasawisma PKK benar-benar dilaksakan, akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di masyarakat, karena dasawisma itu sangat menyentuh dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat, ujar Mendagri ini.

Pada bagian akhir arahannya, Ketua Dewan Penyantun TP PKK Pusat ini menyarankan, agar Jambore Kader PKK Tingkat Nasional ini tidak hanya dijadikan wahana untuk saling berbagi pengalaman dan meningkatkan wawasan, namun juga untuk refreshing/penyegaran, dimana tempat penyelenggaraan jambore ini berada dekat kawasan lokasi wisata Taman Impian Jaya Ancol (Jakarta).

Ketua Umum TP PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi, dalam laporannya mengatakan, jambore ini diselenggarakan mulai tanggal 23 sampai 26 Oktober 2011, yang mana pesertanya berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas sampai Pulau Rote.

Vita Gamawan Fauzi mengungkapkan, bertalian dengan jambore ini, pada 20 Oktober 2011 telah diadakan Lomba Ma kanan 3B (Begizi, Beragam, dab Berimbang) di Provinsi Gorontalo, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono. Selain itu, diadakan pula Lomba Masuk Serba Ikan, bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Kedua lomba tersebut diadakan guna meningkatkan ketahanan gizi (nasional), tutur Vita Gamawan Fauzi.

Setelah selesai penyampaian arahan dari Ketua Dewan Penyantun PKK Pusat dan sambutan dari Ketua Umum TP PKK Pusat, dilakukan pelepasan seribu balon sebagai pertanda dibukanya Jambore Kader PKK Tingkat Nasional Tahun 2011.

Selanjutnya, PKK tiap-tiap provinsi memeragakan defile di hadapan Ketua Dewan Penyantun PKK Pusat, Ketua Umum TP PKK Pusat, Menteri Kesehatan RI, perwakilan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan perwakilan dari BKKBN.

Usai parade defile tersebut, Gamawan Fauzi, Vita Gamawan Fauzi didampingi Menteri Kesehatan RI, perwakilan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan dari BKKBN, dan  rombongan meninjau stan-stan PKK tiap provinsi, yang terletak di dalam Hotel Mercure. Di stan-stan ini ditampilkan berbagai produk khas dan unggulan dari masing-masing provinsi, diantaranya Batik Jambi yang dipajang di stan PKK Provinsi Jambi.

Dalam tinjauan ke stan Provinsi Jambi, Mendagri mengaku senang dengan defile dari Provinsi Jambi, yang dikatakannya sangat bersemangat dan energik.

Jambi Dapat Cinderamata dari Menkes

Dalam upacara pembukaan Jambore PKK Tingkat nasional Tahun 2011 tersebut, Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih memberikan cinderamata dan penghargaan kepada PKK lima provinsi sebagai tanda motivasi dalam bidang peningkatan kesehatan. Provinsi Jambi menjadi salah satu provinsi penerima cindera mata tersebut. Provinsi lainnya yang mendapat cinderamata selain Provinsi Jambi adalah Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s