Perangkat Desa Dilatih Cegah Bencana


Ilustrasi Pelatihan Mitigasi Bencana

Sebanyak 150 perangkat desa dan kepala seksi kesejahteraan rakyat di sejumlah kecamatan Kabupaten Gresik mendapatkan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencama Daerah Kabupaten Gresik Hari Sucipto, Selasa (25/10/2011), menyatakan, wilayah Gresik termasuk 10 kabupaten/kota yang punya frekuensi bencana tinggi di Jawa Timur. Gresik diterjang banjir saat hujan dan kering kerontang hingga krisis air bersih saat kemarau.


Pelatihan bagi perangkat desa dan kecamatan yang masuk Daerah Aliran Sungai Kali Lamong yang jadi langgan banjir saat hujan sangat vital. Wilayah itu mulai dari Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Menganti, Cerme, dan Duduksampeyan.

“Kecamatan Gresik dan Kebomas dilibatkan untuk memberikan dukungan dan bantuan dan koordinasi bila terjadi bencana,” kata Hari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gresik Manuntun Sianturi menambahkan, manajemen bencana saat ini dititikberatkan pada pencegahan dengan meniadakan dan meminimalkan kerugian. Bila ada terjadi kerugian pemerintah siap mengadakan rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Segala biaya ditanggung pemerintah sesuai kemampuan anggaran,” ujarnya.

Dalam penanggulangan bencana, intinya kesiapan masyarakat. Masyarakat disiapkan sebelum terjadi bencana seperti memperbaiki tanggul dan saluran air. Penanggulangan itu perlu peningkatan fungsi komando tanggap darurat di lapangan dari tingkat desa.

“Kami di kabupaten bertindak sebagai koordinator komando lintas sektoral dalam hal mobilisasi, koordinasi dan fungsi pelaksana tanggap darurat,” papar Manuntun Sianturi.

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s