Seluruh Desa Miliki Perpustakaan dalam 5 Tahun


Jumlah perpustakaan di Indonesia masih jauh dari kata cukup. Wakil Presiden Boediono menargetkan dalam 5 tahun ke depan, seluruh desa di Indonesia yang berjumlah 75 ribu akan mempunyai perpustakaan.
“Tadi disebutkan dari 75 ribu desa, baru 19.900 desa yang mempunyai perpustakaan. Ini sangat tidak cukup. Saya anjurkan untuk menargetkan 5 tahun ke depan, seluruh desa di tanah air harus punya perpustakaan,” kata Wakil Presiden Boediono.

Hal itu dikatakan Boediono saat mencanangkan Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (27/10/2011).

“Ini merupakan tugas kita semua yang diamanatkan oleh Undang-Undang,” lanjut dia.

Menurut Boediono, perpustakaan adalah simbol dari budaya pengajaran. Perpustakaan mempunyai peran penting dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Karena kesadaran itulah, kata Boediono, salah satu founding father Amerika Serikat (AS), Thomas Jefferson, menghibahkan sebidang tanahnya di kepada Universitas Virginia. Di tengah-tengah lahan yang luas itu, terdapat sebuah bangunan perpustakaan milik Jafferson.

“Koleksi bukunya diberikan kepada universitas juga,” kata Boediono menceritakan peristiwa 250 tahun yang lalu di AS itu.

Selain membangun perpustakaan lebih banyak lagi di Indonesia, Boediono juga mempunyai pesan khusus kepada para pustakawanyaitu agar mengembangkan fasilitas supaya bisa menampung kegemaran membaca masyarakat. Buku yang dikoleksi di perpustakaan pun harus dipilih secara selektif.

“Tugas pustakawan bukan hanya memberi katalog buku, tapi juga menyeleksi buku yang berkualitas dan bermanfaat. Kadang buku ada secara fisik, tapi kualitasnya tidak memenuhi standar dan tidak bermanfaat,” kata Boediono.***

Sumber: Detik News

One thought on “Seluruh Desa Miliki Perpustakaan dalam 5 Tahun

  1. saya tertarik dengan program Bapak Budiono,
    jadi saya dan teman-teman dari propinsi Bengkulu ingin mendirikan PERPUSTAKAAN DESA di salah satu desa yang ada di Kabupaten Kaur disini kami sudah melakukan pengumpulan buku-buku yang sudah tidak terpakai lagi dari teman-teman mahasiswa UNIB.
    tapi yang jadi kendala kami saat ini adalah tempat untuk mendirikan perpustakaan tersebut,disini kami hanya mempunyai sebidang tanah milik pak taufik yang beliau pinjamkan kepada kami tetapi untuk membangun bangunan nya kami belum mempunyai dana yang cukup.
    apakah ada saran dari Bapak WaPres Budiono untuk masalah ini?
    kami sangat mengharapkan bantuan dari pihak manapun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s