Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling


Kabupaten Nias Selatan (Nisel) menerima bantuan mobil Perpustakaan Keliling dari Pemerintah pada acara  pencanangan Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca yang oleh Wakil Presiden  ( Wapres) Boediono, Kamis (27/10), di Sasono Langon Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah ( TMII),  Jakarta.

Mobil Perpustakaan Keliling untuk  Nisel diserahkan Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih, diterima  Wakil Bupati Nisel Hukuasa Ndururu mewakili Bupati  Drs Idealisman Dachi. Selain Nisel, daerah yang juga mendapat bantuan mobil perpustakaan , adalah Manggarai, Trenggalek dan Maluku Utara.

Waprès Boediono menegaskan, bahwa pencanangan Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca ini, merupakan momentum perbaikan dalam upaya mengembalikan karakter bangsa yang besar dan gemar membaca. Oleh karena itu ,  semua elemen bangsa diajak memberi  perhatian  ekstra terhadap anak-anak bangsa supaya gemar membaca sejak dini.  ” Penyadaran harus dilakukan secara luas agar kebiasaan membaca menjadi kesadaran yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, ” ujarnya .

Menurut  Wapres, membaca buku tidak bisa diganti dengan media lain, termasuk media Televisi. Buku mampu meningkatkan daya imajinasi para pembacanya, tegasnya.

Buku adalah jendela dunia,  tapi , tambah Wapres, di  era globalisasi ini, tidak cukup lagi kalau hanya menguasai bahasa nasional, namun harus juga menguasai bahasa inernasional, terutama bahasa yang sudah mendunia.

Kepada anak-anak, atau generasi muda, Wapres berpesan agar memilih buku bacaan yang baik dan jangan  malu disebut “kutu buku”,. Jadikan membaca buku kebiasaan dari bagian hidup” ajaknya sembari meminta para pustakawan agar  berupaya meningkatkan kegemaran membaca buku, dan  memberi fasilitas yang memadai.

Dalam pemaparannya Wapres menyebut dari 75.000 Desa/Kelurahan di Indonesia, baru 11.900 desa  yang memiliki perpustakaan. “Kalau boleh dalam waktu lima tahun ke depan, kita targetkan semua Desa/Kelurahan sudah punya Perpustkaan,” harap Wapres.

Wakil Bupati Nisel Hukuasa Ndururu menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Pusat , khususnya Pimpinan  Perpustakaan Nasional yang memberi bantuan Mobil Perpustakaan Keliling kepada masyarakat Kabupaten Nias Selatan.

“Saya kira, bantuan tersebut akan menunjang program  Pemerintah Kabupaten  Nisel yang sudah membebaskan  uang sekolah bagi siswa SD,SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi “ ujar Hukuasa Ndururu.

Diakuinya, gratis saja uang sekolah, kalau tidak didukung sarana dan prasarana lain seperti buku, dan mobil perpustakaan keliling tidak akan bisa berlari lebih cepat dalam rangka mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di Nisel.  Apalagi,  sampai saat ini Kabupaten Nisel, masih termasuk Kabupaten tertinggal di negeri ini.

Hukuasa berharap, dengan adanya rangsangan mobil perpustakaan yang diberikan pemerintah, masyarakat akan menyadari pentingnya membaca buku. Sedangkan  adanya target Pemerintah Pusat pada lima tahun ke depan semua Desa sudah memiliki Perpustakaan, maka tidak tertutup kemungkinan masyarakat Nisel akan terbebas  dari kebodohan, keterbelakangan , keterisoliran dan  ketertinggalan lainnya.

Menurut Hukuasa, saat ini Nisel membutuhkan buku pelajaran, di tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, walaupun pada Tahun Anggaran 2012  sudah dialokasikan dana sebesar Rp 70 milyar untuk sektor pendidikan secara keseluruhan.

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih mengharapkan agar pencanangan gemar membaca ini disosialisasikan secara terpadu dalam meningkatkan minat baca bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat. Dengan demikian, yag semula enggan membaca semakin terdorong dan meningkat minat bacanya.

“Kalau kita mengharapkan Indonesia menjadi negara maju, maka dibutuhkan lebih banyak rakyat terdidik yang menguasai ilmu pengetahuan Sarananya adalah membaca dan menulis, tukas Sri Sularsih.

Sumber: Berita Sore

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s