Desa Wisata Kinahrejo Itu Kini Tinggal Kenangan


Kampung Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, yang sebelumnya memiliki panorama sangat menawan, kini hanya tinggal kenangan. Kampung di kaki Gunung Merapi, tempat tinggal almarhum Mbah Maridjan tersebut, kini, dilarang dibangun permukiman.
Sebelum terjadi letusan Gunung Merapi disertai awan panas setahun silam, Desa Kinahrejo merupakan kawasan wisata yang cukup ramai dikunjungi banyak turis baik lokal maupun mancanegara. Maklum, Kinahrejo menjadi jalur pendakian yang paling mudah bagi pengunjung jika berwisata hiking ke puncak Merapi. Selain itu, tentu saja karena Kinahrejo memiliki panorama sangat menawan. Desa itu memiliki tujuh mata air, ditambah atraksi budaya proses Labuhan yang mengesankan serta keramahtamahan warga dalam menyambut wisatawan.

Kini  semua itu tinggal kenangan. Tak ada sisa-sisa kejayaan desa itu terlihat kini. Maklum semuanya sudah rata dengan tanah saat awan panas atau wedus gembel yang tejadi 26 Oktober 2010 silam, meluluh-lantahkan desa. Awan panas bersuhu hampir 600 derajat Celcius itu menghancurkan rumah warga, termasuk rumah Juru Kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan.

Almarhum Mbah Maridjan menjadi satu dari 37 warga Kinahrejo dan Pelemansari serta Umbulharjo di Cangkringan, yang meninggal akibat awan panas. Korban kebanyakan pengikut setia Mbah Maridjan yang berkomitmen mengawal gunung berapi teraktif di dunia  itu.

Jumlah korban meninggal akibat erupsi Merapi 2010 mencapai 336 jiwa, 227 di antaranya adalah warga Sleman. Sisanya berasal dari tiga wilayah Provinsi Jawa Tengah, seperti Magelang (56 jiwa), Klaten (41 jiwa), dan Boyolali sebanyak 12 jiwa.***

Sumber: MetroTVNews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s