Riset Perencanaan Pembangunan Desa


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas memberikan apresiasi terhadap penelitian perencanaan pembangunan desa. Hal itu dikemukakan Plt Asisten II Setda Pemkab Sambas Chifni B saat menghadiri acara semiloka hasil riset perencanaan dan pembangunan desa yang digelar di salah satu ruang pertemuan hotel di Kota Sambas, baru-baru ini.
“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yaitu Wahana Visi Indonesia ADP Sambas yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Sambas menggelar kegiatan ini,” ujarnya. Kegiatan seperti ini, lanjut Chifni, merupakan kegiatan positif. Agenda penelitian merupakan bagian upaya dukungan bagi pemerintah daerah terhadap pembangunan Kabupaten Sambas. “Momen seperti ini sangatlah tepat kami mengajak semua elemen yang ada di tengah-tengah masyarakat, bersama-sama berpartisipasi aktif mendorong dan mendukung motivasi kepada masyarakat dengan mengarahkan keberbagai kegiatan-kegiatan positif dan membangun,” tuturnya.

Dijelaskannya, pendayagunaan sumber daya alam merupakan pokok kemakmuran rakyat. Pengelolaan sumber-sumber tersebut, lanjut dia, tetap harus dilakukan secara terencana, rasional, optimal, bertanggungjawab, dan sesuai dengan kemampuan daya dukungnya, serta mengutamakan kesejahteraan rakyat yang sebesar-besarnya. Kemudian memperhatikan kelestarian fungsi dan keseimbangan lingkungan hidup bagi pembangunan berkelanjutan. “Hal ini sejalan dengan apa yang tertera pada Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Mari kita bersama-sama bergandeng tangan demi Kabupaten Sambas yang lebih baik lagi,” ajaknya. Mantan Camat Sajingan Besar dan Jawai Selatan ini menyebutkan bahwa dalam semiloka itu dipaparkan hasil riset atau penelitian dari Sajingan Besar dan Teluk Keramat, baik masalah, potensi, dan usulan. Kemudian baru dilanjutkan tanggapan dari pemda yang diwakilkan kepada Bappeda dan pihak legislatif. ***

Sumber: Pontianak Post Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s