Pasar Desa Dianggarkan di APBD Perubahan


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya terus mencari cara untuk meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat di beragam sektor. Pada APBD Perubahan Tahun 2011 misalnya, pihak eksekutif berupaya mengakomodir pembangunan sektor perekonomian rakyat dengan membangun pasar-pasar desa.

“Pasar-pasar desa menjadi salah satu fokus pembangunan di APBD perubahan. Ini dimaksudkan supaya masyarakat lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari-hari, mengingat letak geografis Kubu Raya sebarannya sangat jauh antara satu desa dengan desa lain. Sehingga pasar desa merupakan salah satu solusi. Di samping itu, juga untuk membangun roda ekonomi masyarakat secara keseluruhan,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan sesaat sebelum berangkat ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Ia mengatakan bahwa kebijakan tersebut dalam upaya pemerintah membangun roda perekonomian masyarakat. Dengan begitu, dia yakin masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan kebutuhan sehari-hari dan juga untuk memudahkan masyarakat dalam memasarkan hasil produksi mereka. “Di APBD perubahan ini, salah satu fokus kita adalah pembangunan pasar-pasar desa. Kendati belum semua desa bisa terakomodir, namun kita berupaya membangun perlahan dan berproses,” ucapnya.

Dengan keberadaan pasar-pasar desa, dia berharap, masyarakat desa tidak lagi kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok. Kemudian hasil produksi mereka juga akan mudah dipasarkan.Pada kesempatan tersebut Muda juga berharap adanya sinergisitas dan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak seperti pemerintah, legislatif, dan masyarakat desa. Katanya, dengan kerjasama yang baik dari semuanya, akan membantu mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Kubu Raya.

Muda juga berharap agar masyarakat ikut serta membantu, menjaga, dan memanfaatkan seluruh fasilitas umum sebaik mungkin, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala sektor. “Kami berharap adanya kerjasama yang baik nantinya dengan semua pihak. Sehingga kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya membangun Kubu Raya dari segala sektor bisa terserap dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak,” katanya.***

Sumber: Pontianak Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s