Kabupaten Bandung Timur Diusulkan 15 Kecamatan


Pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KBT) diharapkan bisa membuat program pembangunan dari pemerintah merata dan menyeluruh.

Komite Independen Pengawasan Pembangunan dan Percepatan Pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KIP4KBT) mengajukan konsep pemekaran KBT meliputi 15 kecamatan. Mulai dari Cimenyan, Cilengkrang, Cileunyi, Nagreg, Majalaya, Ibun, Ciparay, Kertasari, Bojongsoang, dan beberapa kecamatan lainnya.

“Kalau dulu berdasarkan konsep pemekaran dari konsorsium akademis hanya sebelas kecamatan. Namun berdasarkan pemerataan dan letak geografis kami mengusulkan menjadi 15 kecamatan,” ujar Ketua Tim Teknis KIP4KBT Asep Juarsa Juandi usai audiensi dengan DPRD Kabupaten Bandung, Selasa (1/11/2011).

Keinginan untuk pemekaran wilayah, lanjutnya, tidak didorong oleh keinginan emosional melainkan berdasarkan kajian dan harapan sebagian besar masyarakat di wilayah timur Kabupaten Bandung.

Terkait masih berlakunya moratorium pemekaran wilayah oleh pemerintah pusat, Asep mengatakan, pertimbangan tersebut tidak bisa diterapkan di wilayahnya. Pasalnya, wilayah timur Kabupaten Bandung memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah. Seperti hutan, energi panas bumi dan lain sebagainya. Sehingga pemekaran tidak akan menjadi beban APBN justru bisa menambah dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK).

“Jangan disamakan dengan daerah lain, terutama yang ada di luar Pulau Jawa dong. Kami yakin dengan pemekaran justru akan menjadikan daerah kami maju dan akan menambah pendapatan negara kok,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi, Bupati Bandung Dadang M Naser tak banyak memberikan komentar. Bupati mengaku tidak mau dikatakan sebagai orang yang haus kekuasaan. Wacana tersebut, menurutnya, hanya keinginan emosional dari orang-orang yang selama ini mengatasnamakan masyarakat di wilayah timur.

Sumber: Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s