Puluhan Warga Menuntut Pembentukan Bandung Timur


Puluhan warga yang umumnya berdomisili di wilayah Bandung Timur dan mengatasnamakan Komite Independen Pengawas Pembangunan dan Percepatan Pemekaran Kab. Bandung Timur (KIP4KBT), mendatangi Gedung DPRD Kab. Bandung untuk audiensi terkait pembentukan KBT, Selasa (1/1). Menurut mereka, pembentukan KBT diusulkan karena banyak permasalahan di wilayah timur yang dalam penanganannya oleh Pemkab Bandung belum optimal.

Puluhan warga dari KIP4KBT ini datang ke Gedung DPRD Kab. Bandung pukul 13.00 WIB. Kedatangan mereka langsung diterima anggota Komisi A DPRD Kab. Bandung yang dipimpin langsung Ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung, Daud Burhanudin.

Kepada para anggota dewan, perwakilan massa mengungkapkan maksud kedatangannya. Mereka mengaku sengaja datang ke kantor para wakil rakyat di Soreang untuk menyatukan pandangan dan kepastian akan pembentukan KBT yang selama ini diisukan.

Ketua KIP4BT, Juarsa menuturkan, kedatangannya ke DPRD Kab. Bandung untuk menyatukan pandangan dengan para anggota DPRD Kab. Bandung terkait pembentukan KBT. Apalagi selama ini banyak masyarakat yang mempertanyakan jadi tidaknya pembentukan KBT. “Kita ingin mendengar pandangan dari dewan dan menyatukannya dengan keinginan masyatakat,” terangnya.

Menurut Juarsa, pihaknya menginginkan pembentukan KBT untuk berbagai alasan. Dalah satunya banyak permasalahan di masyarakat yang penanganannya belum optimal. Di antaranya permasalahan batu bara, aliran sungai yang kotor akibat tercemar limbah, masih adanya kecamatan dengan IPM sangat rendah, serta permasalahan infrastruktur.

“Terkait permasalahan ini, kita kumpul dengan para tokoh dan muncul pendapat tentang pembentukan KBT. Kita tidak menyalahkan pemerintah sekarang, justru kita berpikir apakah permasalahan ini kurang optimal dalam penanganannya karena wilayah terlalu luas atau bagaimana. Kita berpikir bisa jadi wilayah Kab. Bandung terlalu luas, makanya kenapa tidak dibentuk saja KBT,” ujarnya.

Menurut Asep, KBT diharapkan membuat permasalahan masyarakat serta pembangunan bisa diselesaikan secara merata. Tidak itu saja, pembentukan KBT pun menurut peraturan bisa dilakukan. “Makanya kita datang ke dewan untuk menyatukan pandangan terkait pembentukan KBT ini,” katanya.

Setuju

Setelah mendengarkan beberapa pendapat yang sama terkait pembentukan KBT, Ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung Daud Burhanudin menyatakan setuju. Namun pihaknya mengaku akan terlebih dulu menanyakan pendapat satu per satu anggota Komisi A sesuai fraksinya. Dari semua fraksi yang diwakili para anggotaya di Komisi A, hampir semua menyetujui pembentukan KBT. Meski demikian, pembentukan KBT ini harus sesuai koridor dan peraturan yang ditentukan.

Dikatakan, ada beberapa hal yang ditempuh secara administrasi, kajian teknis, dan lainnya. Tidak itu saja, pembentukan KBT pun harus sesuai keinginan masyarakat dan pernyataan melalui tokoh masyarakat dan lainnya.

Sumber Berita: Galamedia

Sumber Gambar: KIP4KBT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s