10 Desa Tangguh di Lembang


Foto Ilustrasi Sesar Lembang

Sebanyak sepuluh dari 16 desa di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat hingga akhir tahun ini akan diidentifikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk diseleksi menjadi Desa Tangguh. Identifikasi kesepuluh desa di Lembang dilakukan sebagai upaya mempersiapkan masyarakat dalam mengantisipasi dan mengurangi resiko bencana.

Kesepuluh desa tersebut yaitu Desa Lembang, Cibodas, Cikahuripan, Jayagiri, Gudangkahuripan, Suntenjya, Langensari, Mekarwangi, Cikole, Cikidang. Proses identifikasi desa tangguh juga bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu terungkap dalam Sosialisasi Desa Tangguh yang digelar BPBD Provinsi Jawa Barat di aula Kantor Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (2/11). Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 warga dari Desa Cikahuripan dan Desa Jayagiri Lembang, Pemerintah Kecamatan Lembang, dan sejumlah petugas BPBD Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat, Dadang Ronda mengatakan, pencanangan Desa Tangguh merupakan salah satu kebijakan BNPB yang mulai diterapkan tahun ini sebagai upaya mitigasi bencana. Sebagai langkah awal, menurut dia, BPBD tingkat provinsi mengajukan 10 desa di satu kecamatan dan satu kabupaten yang dinilai paling rawan bencana.

“Berdasarkan berbagai ketentuan dan penilaian, kami memfokuskan identifikasi desa tangguh di Kecamatan Lembang karena merupakan daerah yang paling rawan bencana,” katanya di sela-sela sosialisasi, Rabu (2/11).

Dadang menuturkan, daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat memiliki beberapa potensi bencana alam, di antaranya gempa bumi yang disebabkan aktivitas Gunungtangkubanparahu dan Patahan Lembang. Selain itu, Lembang yang merupakan daerah perbukitan dinilai rawan longsor terutama memasuki musim hujan ini.

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s