Warga Bandung Barat Tak Tahu Tinggal di Sesar Lembang


Warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, umumnya belum tahu ada sesar aktif bernama Sesar Lembang.

Hal itu tidak lepas dari peran kepala daerah yang seolah menutup-nutupi adanya zona gempa Sesar Lembang di kabupaten tersebut. Padahal para pakar sudah menegaskan bahwa Sesar Lembang itu aktif.
“Namun saya belum dengar kepala daerah seperti Bupati atau Bapeda menyampaikan penyuluhan bahwa kita hidup di zona tak aman,” kata Adi Koesoemo, salah satu warga KBB yang tinggal di Cihanjuang, kepada okezone, Kamis (27/10/2011).

Kepala daerah dan segenap jajarannya, kata Adi, seharusnya mengungkapkan apa adanya. Para pejabat daerah seperti takut jika dirinya menyatakan daerahnya rawan bencana.

“Mungkin demi kepentingan politisnya,” tambah pria lulusan teknik sipil Institut Teknologi Surabaya yang sejak 1987 tinggal di KBB.

Tentu saja tugas pemerintah bukan hanya menyampaikan daerahnya rawan bencana. Hal itu harus diikuti dengan upaya mengantisipasinya.

Menurut Adi, pemerintah harus menegakkan aturan berupa larangan pendirian bangunan di daerah rawan seperti di perbukitan, daerah rawan longsor, pinggir tebing, dan lain-lain di mana kontur tersebut menjadi bagian dari karakter KBB.

Jika tidak, pemerintah daerah harus menyosialisasikan bahwa warganya harus membangunan rumah yang tahan gempa.

Selain itu, aturan tersebut harus didukung dengan melakukan berbagai sosialisasi edukasi, di antaranya lewat sosialisasi pendidikan kesiapsiagaan bencana (mitigasi) kepada warga dan sekolah-sekolah.

Dia mengaku, selama tinggal di KBB belum ada penyuluhan apa pun terkait mitigasi bencana.

“Ibaratnya kan tentara nggak ada perang saja harus terus dilatih perang, begitu juga rakyat yang tinggal di daerah bencana ya harus dilatih menghadapi bencana,” ungkapnya.

Saat ini, upaya mitigasi bencana di daerah sekitar Sesar Lembang masih mengkhawatirkan. “Mitigasi masih jauh, jangankan mitigasinya, baunya saja enggak ada,” tukas pria yang juga penasihat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Sumber: OkeZone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s