41 Desa Dapat Bantuan PPIP


Sebanyak 41 desa di Kabupaten Sumedang mendapat bantuan program pembangunan infrastruktur perdesaan (PPIP) dari pemerintah pusat. Berdasarkan keterangan yang diperoleh “GM”, Senin (7/11), alokasi bantuan PPIP itu turun secara bertahap.

Pada tahap pertama/regular, diproyeksikan untuk 9 desa. Masing-masing mendapat Rp 250 juta. Tahap kedua/ anggaran tambahan diproyeksikan untuk 18 desa. “Pada tahap ketiga atau dalam perubahan APBN, ada tambahan 14 desa lagi, yang mendapatkan bantuan PPIP. Sehingga total penerima bantuan PPIP di Kab. Sumedang pada tahun ini ada 41 desa,” kata Ir. Tri Paramasatya, Ketua Satuan Kerja PPIP Kab. Sumedang.

Sesuai ketentuan, penyerapan dana itu harus melalui rekening organisasi masyarakat setempat (OMS), desa masing-masing. Sedangkan pemanfaatkan bantuan tersebut, umumnya digunakan untuk membangun jalan desa (penetrasi dan rabat beton), tembok penahan/kirmir, drainase, dan jembatan sesuai dengan rencana kerja masyarakat (RKM) yang mereka usulkan.

Adapun penyerapan uang bantuan tersebut tidak bisa dilakukan satu kali penarikan. Melainkan terbagi dalam tiga termin. Dari dana bantuan sebesar itu, Rp 245 juta dialokasikan untuk kegiatan fisik dan Rp 5 juta untuk biaya operasional desa,” terangnya.

Saat ini lanjut Tri, khusu untuk 9 desa yang mendapat alokasi bantuan pada tahap kesatu/ reguler, pencairannya sudah menginjak termin ke tiga. Sedangkan 18 desa yang mendapat alokasi bantuan dari anggaran tambahan, penyerapan baru masuk proses pencairan termin kesatu. “Khusus untuk 14 desa yang mendapat pengganggaran dari APBN perubahan, penyerapan dana bantuan tersebut tidak bisa dilakukan seratus persen.

Sumber: Klik-Galamedia.com

One thought on “41 Desa Dapat Bantuan PPIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s