Tuntut Secepatnya Sahkan UU Desa, Parade Nusantara Serentak Demo Jumat (11/11)


Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) di seluruh Indonesia pada Jumat (11/11) berencana melakukan aksi secara besar-besaran yang akan digelar di setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia. Kuwu/Kades dan perangkat desa serta lembaga desa lainya yang tergabung didalam ormas Parade Nusantara akan mendatangi Bupati dan Ketua DPRD untuk meminta tanda tangan berupa dukungan agar RUU tentang Desa segera dibahas antara Pemerintah dan DPR serta secepatnya disahkan sebagai UU Desa.

Jika tidak segera disahkan maka aparat desa yang tergabung dalam Parade Nsuantara akan melakukan aksi boikot atas segala bentuk tugas perbantuan yang diberikan kepada pemerintah desa, yang di antaranya adalah tidak akan melaksanakan penarikan PBB.

Menurut keterangan Ketua Dewan Presidium Nasional H. Sudir Santoso, surat yang telah ditanda tangani oleh para Bupati/Walikota tersebut nantinya akan diteruskan kepada Presiden serta kepada Ketua DPR RI di Jakarta.

Disampaikan H.Sudir Santoso, Persatuan Rakyat Desa Nusantara menghendaki perubahan dari Pola “pembangunan di desa” menjadi “pola pembangunan desa” itu dimaksudkan pembangunan yang dilaksanakan di desa dirancang oleh pemerintah desa beserta masyarakat desa, diawasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat desa, sementara pemerintah Kabupaten/Kota, pemerintah Provinsi dan pemerintah Pusat bertindak sebagai pembimbing dan sekaligus pengawal pembangunan di desa.

Sedangkan tuntutan lain yang disampaikan Parade Nusantara, Alokasi Dana Pembangunan Desa minimal 10% dari APBN/Proporsional, biaya pemilihan kuwu menjadi beban APBD Kabupaten, masa jabatan kuwu 8 tahun dan perangkat desa hingga usia 65 tahun, periodesasi keikutsertaan di dalam pilkades dengan batasan usia.***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s