KPI Imbau Iklan XL


Program Siaran Iklan “XL Super Ampuh” yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi diimbau Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Berdasarkan pengaduan masyarakat, salah satunya dari Pengurus Pusat Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara, pemantauan, dan hasil analisis KPI, program tersebut tidak memperhatikan sensitifitas keberagaman norma kesopanan yang berlaku dan dianut oleh masyarakat serta perlindungan terhadap anak-anak.

Dalam program iklan tersebut, terdapat adegan-adegan yang menampilkan kata-kata: “Gak tahu internet, ndeso!”, “Gak tahu kan, ndeso!”, “Gak tahu ya, ndeso!”, dan diakhiri dengan kata-kata “Yang punya rumah ini artis, mukamu ndeso!”. Untuk itu, stasiun yang menayangkan program ini diimbau untuk segera melakukan perbaikan internal dengan melakukan editing pada bagian-bagian yang dapat menimbulkan interpretasi merendahkan atau melecehkan masyarakat desa.

Surat No. 647/K/KPI/10/11 yang ditandatangani Ketua KPI Pusat, Dadang Rahmat Hidayat, 28 Oktober 2011 ditujukan kepada seluruh lembaga penyiaran yang masih menayangkan iklan tersebut. Selain itu KPI Pusat juga meminta lembaga penyiaran untuk menjadikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2009 sebagai acuan utama dalam menayangkan sebuah program.

Imbauan Iklan “XL Super Ampuh” Seluruh Stasiun TV

(klik pada gambar utk memperbesar)

Sumber: KPI.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s