Pemprov Jabar Menghibahkan 5.905 Unit Motor Kepada Desa dan Kelurahan


Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan sebanyak 5.905 unit sepeda motor kepada desa dan kelurahan di Jawa Barat. Bantuan Gubernur Jawa Barat 2011 ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja kepala desa dan kelurahan.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, sepeda motor yang diberikan ini merupakan hasil aspirasi dari kepala desa dan lurah yang muncul pada 2009 dan 2010. Sebab, motor yang diberikan pada 2003 sudah lawas dan rata-rata sudah rusak. Aspirasi tersebut, pada anggaran 2011 dipenuhi, dalam satu tahun anggaran.

“Anggarannya sebesar Rp 85 miliar, lebih hemat Rp 5 miliar dari pagu yang ditetapkan. Tadinya pagu di angka Rp 15 juta, jadinya Rp 12,5 juta per unit,” kata Heryawan usai acara penyerahan Bantuan Gubernur Jabar 2011 di Sabuga, Kamis (24/11).

Ia menyebutkan, sepeda motor lama rata-rata masih ada di desa atau kelurahan. Motor tersebut bisa dilelang atau dihibahkan. “Ini bantuan hibah dari pemerintah ke pemerintah. Hibah barang yang diserahkan pada Pemprov Jabar ke pemerintah kota dan kabupaten,” tuturnya sembari menambahkan, bantuan kelurahan/desa tiap tahunnya pun diberikan sebesar Rp 15 juta.

Terkait motor yang bertuliskan “Bantuan Gubernur Jabar 2011”, Heryawan mengatakan, gubernur merupakan lembaga seperti halnya DPRD dan presiden. Sehingga bantuan gubernur ini bisa dilakukan karena bersifat lembaga. “Jangan salah, memang personifikasinya Ahmad Heryawan. Tapi ini bantuan gubernur, bukan perorangan,” tandasnya.

Kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Jabar, Dadang M. Ma’soem mengatakan, 5.905 motor ini diberikan pada 5.267 desa dan 638 kelurahan yang ada di Jabar.

Sumber: Galamedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s